Tips Memulai Bisnis Cargo Jakarta Timur Yang Perlu Diketahui Para Pemula

 

Semakin banyaknya jumlah marketplace di Indonesia membuat bisnis jasa cargo Jakarta kian menjanjikan. Hal itu dikarenakan saat ini masyarakat lebih menyukai belanja online ketimbang mendatangi toko secara langsung. Dengan begitu untuk mengantarkan barang yang telah dibeli orang-orang tersebut membutuhkan bantuan jasa cargo.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bisnis Cargo

Umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal  kargo sebagai istilah  untuk menyebutkan barang yang diangkut menggunakan moda transportasi berupa truk, mobil, dan pesawat terbang. Selain itu ada juga sebagian orang yang menghubungkan cargo sebagai bagasi pesawat. Dengan begitu  dapat ditarik kesimpulan cargo merupakan semua barang yang dikirim menggunakan kendaraan untuk diperdagangkan atau keperluan lainnya (non komersial) yang telah dilengkapi dokumen pengangkut seperti airwaybill. Sedangkan bisnis cargo yaitu pemanfaatan pelayanan pengangkutan barang dengan tujuan untuk komersial. Dikarenakan semakin banyaknya marketplace di Indonesia membuat bisnis ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan dan kian hari semakin berkembang pesat. Terlebih lagi saat ini masyarakat Indonesia lebih menyukai berbelanja secara online sehingga membutuhkan bantuan jasa ekspedisi berupa kargo.

Cara Memulai Bisnis Jasa Cargo Jakarta Timur

Jakarta Timur terkenal dengan wilayah yang memiliki banyak pabrik. Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang dari desa merantau di daerah tersebut. Biasanya untuk mengantarkan produknya kepada konsumen pabrik-pabrik itu menggunakan bantuan jasa cargo. Kondisi itu membuat peluang bisnis ini semakin terbuka lebar. Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha tersebut ada beberapa tips yang bisa diikuti seperti berikut ini.

  1. Menyiapkan Modal Terlebih Dahulu

Sama seperti dengan usaha pada umumnya  untuk memulai mendirikan bisnis jasa cargo hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mempersiapkan modal terlebih dahulu. Memang benar modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jasa pengiriman ini bisa dibilang besar. Hal itu lantaran  harus mengeluarkan biaya untuk membeli transportasi, peralatan dan barang-barang pendukung lainnya. Adapun rincian kisaran budget yang perlu Anda persiapkan seperti berikut ini:

  • Biaya membeli timbangan barang kisaran harga Rp2.000.000.
  • Biaya membeli meja, kursi dan lain peralatan lainnya sekitar Rp9.000.000.
  • Biaya membeli alat tulis seperti buku, spidol dan pena sekitar 1 juta.
  • Biaya untuk membeli transportasi berupa mobil box dan motor sekitar 100 juta.
  • Biaya untuk membuat surat izin usaha sekitar 1 juta.
  • Biaya untuk sewa lokasi usaha sekitar 10 juta.
  • Biaya lain-lain misalnya untuk tarif listrik, membeli bensin untuk kendaraan sekitar 3 juta.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kisaran biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis jasa cargo yakin sekitar 127 juta. Di mana angka itu bisa lebih rendah atau tinggi tergantung pelaksanaannya. Misalnya ketika Anda memilih menggunakan mobil untuk mengantarkan barangnya kepada konsumen, maka modal untuk membeli transportasi tersebut bisa lebih besar jika dibanding ketika memilih memakai motor.

  1. Menentukan Jenis Pelayanan Yang Akan Disediakan

Setelah modal tersedia maka tahap selanjutnya untuk memulai mendirikan bisnis usaha cargo yakin menentukan jenis barang apa saja yang bisa dikirim. Contohnya pakaian, peralatan elektronik, dokumen dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa dalam hal ini semakin banyak jenis layanan yang diberikan maka secara otomatis akan mempermudah para konsumen ketika melakukan proses pengiriman barang. Di samping itu Anda juga perlu menentukan durasi pelayanan dan garansi. Misalnya barang yang dikirimkan bisa sampai ke tangan konsumen cukup dalam waktu 24 jam atau satu hingga dua hari tergantung kebutuhan.

  1. Menentukan Lokasi Dan Jenis Transportasi Yang Digunakan

Jika sudah berhasil menentukan jenis layanan apa yang akan ditawarkan kepada para konsumen maka tahap berikutnya yaitu memilih jenis moda transportasi untuk pengiriman barang. Dalam hal ini untuk menentukan jenis kendaraan sesuaikan saja dengan kebutuhan. Misalnya untuk pengiriman barang dengan wilayah pengantaran hanya beberapa kilo saja sebaiknya memilih moda transportasi berupa motor. Sedangkan untuk mengantarkan barang-barang yang ukurannya besar dan berat bisa menggunakan mobil box.

Selain transportasi Anda juga harus mempertimbangkan di mana lokasi dari bisnis itu akan dijalankan. Agar bisnis bisa berkembang dengan pesat carilah lokasi yang strategis dan mudah dijumpai oleh masyarakat sekitar. Misalnya di pinggir jalan, dekat dengan pusat perbelanjaan atau sekitar kampus.

  1. Menentukan Besaran Tarif

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis cargo barang yaitu menentukan besaran tarif. Untuk mengetahui kisaran harga di pasaran sebagai referensi bisa melakukan survei terlebih dahulu. Di mana survei itu dapat dilakukan dengan cara memperhitungkan jarak tempuh, modal dan tarif dari pesaing. Umumnya masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan harga yang murah. Oleh karena itu dalam hal ini usahakan menentukan besaran tarif yang terjangkau. Namun tetap saja jangan sampai merugikan bisnis yang sedang Anda geluti tersebut.

  1. Melakukan Kegiatan Marketing/Promosi

Agar bisnis cargo yang Anda dirikan itu bisa cepat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia maka perlu menentukan strategi promosi. Strategi promosi yang bisa dilakukan yaitu mulai dari memasang poster, membuat brosur kemudian disebar di media sosial dan menawarkan secara door to door. Selain itu bisa juga dengan memanfaatkan fitur iklan pada media sosial seperti Google Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads. Jika Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai pebisnis online shop bisa melakukan kerjasama dengan mereka. Tentunya hal ini bisa memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan tetap.

  1. Membangun Sebuah Tim

Tahap selanjutnya yaitu Anda perlu membangun tim kerja untuk membantu dalam menjalankan bisnis yang sedang digeluti tersebut. Misalnya dengan merekrut kurir, admin, accounting, staff packing dan lain-lain. Pastikan bahwa orang-orang yang direkrut tersebut telah berkompeten di dalam bidangnya. Agar bisnis bisa berkembang dengan cepat perlu juga untuk menerapkan aturan kerja yang jelas bagi karyawannya. Contohnya pada tanggal merah seluruh karyawan libur atau tidak boleh terlambat lebih dari 30 menit dan lain-lain.

  1. Mengurus Perizinan

Hal ini bisa dibilang sangat penting untuk dilakukan terutama bagi yang mendirikan bisnis cargo secara sendiri dalam bentuk perusahaan. Adapun prosedur pengurusannya seperti berikut ini:

  • Pertama Datangi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang ada di wilayah Jakarta Timur.
  • Kemudian serahkan semua berkas persyaratan kepada petugas DPMPTSP.
  • Nantinya semua dokumen tersebut akan dicek dan diverifikasi oleh petugas.
  • Setelah itu Anda akan mendapatkan penjadwalan survei dari petugas. Survei lapangan itu dilakukan dalam rangka penerbitan kajian teknisi.
  • Menandatangani kajian rekomendasi dari tim teknis.
  • Petugas Kasi DPMPTSP akan memverifikasi hasil kajian teknis, menginput data sebagai daftar SK izin dan melakukan penetapan izin.
  • Selanjutnya Kabid DPMPTSP akan memberikan persetujuan izin.
  • Penandatanganan izin dilakukan oleh kepala DPMPTSP.
  • Petugas akan menginput nomor SK izin dan mencetaknya.
  • Jika SK izin sudah lengkap petugas Akan mengarsipkannya kemudian surat itu dikirim melalui pos ke alamat tempat tinggal Anda.
  1. Mengevaluasi Pelayanan Yang Telah Diberikan

Dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan dalam sebuah bisnis termasuk hal krusial. Terlebih lagi jika usaha itu bergerak dalam bidang jasa. Oleh karena itu penting untuk memastikan barang-barang yang hendak dikirim dalam kondisi baik. Jangan sampai paket tersebut sampai ke tangan konsumen keadaan rusak atau hilang. Usahakan juga untuk selalu menepati waktu pengantaran dan bersikap ramah kepada para pelanggan agar mereka percaya dan puas dengan bisnis yang sedang Anda jalani ini. Di samping itu sebagai pelaku bisnis juga perlu memberikan pelayanan lebih kepada konsumen setia dengan cara memberikan diskon atau potongan harga dan menyiapkan layanan pick up. Bisa dipastikan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen maka kepuasannya bisa terjaga dengan optimal.

Macam-Macam Kargo Yang Ada Di Indonesia

Selain menentukan jenis layanan yang akan diberikan kepada customer Anda juga perlu memilih jenis kargo yang sesuai dengan bisnis. Di mana berdasarkan karakteristik barang yang akan diangkut cargo dibedakan menjadi 3 yaitu umum, khusus dan berbahaya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak artikel di bawah ini.

  1. Cargo Dangerous Goods

Ketika seseorang mengirimkan barang pasti ada yang tergolong ke dalam kategori berbahaya. Misalnya mudah meledak, terbakar dan menguap. Dikarenakan memiliki karakteristik tersebut maka dalam penanganannya harus dilakukan secara hati-hati sebab barang-barang tersebut memiliki risiko tinggi dan bisa mengancam keselamatan penerbangan. Di mana barang-barang Yang dikategorikan berbahaya itu nantinya akan dimasukkan ke dalam  Kargo  Dangerous Goods.

  1. Kargo Special (Khusus)

Karakteristik dari kargo jenis ini yaitu penyedia jasa akan mengangkut barang-barang yang memerlukan penanganan khusus mulai dari tahap penerimaan hingga pengangkutan. Adapun beberapa barang yang dikategorikan ke dalam cargo khusus seperti berikut.

  • Live Animal (AVI) adalah jenis kargo yang berisi hewan-hewan hidup dan umumnya akan dikirim melalui jalur udara menggunakan pesawat. Hewan-hewan itu berupa ayam, ikan, kuda dan kucing.
  • Human Remain (HUM) adalah jenis kargo yang berfungsi untuk memuat mayat manusia yang nantinya akan dikirim menggunakan pesawat.
  • Valuable goods (VAL) adalah jenis kargo yang memuat barang-barang berharga sehingga memerlukan penanganan khusus. Barang-barang berharga tersebut bisa berupa emas, berlian, mutiara, dan cek.
  • Live Human Organ (LHO) adalah jenis kargo yang berfungsi untuk memuat barang-barang berupa organ tubuh manusia yang masih bisa berfungsi seperti ginjal, hati dan bola mata.
  • Pershable goods (PER) adalah jenis kargo yang berfungsi untuk memuat barang-barang yang mudah busuk dan hancur seperti sayuran, buahan dan daging.

 

  1. Kargo Umum

Karakteristik dari cargo jenis ini yaitu memuat barang-barang yang tidak memiliki karakteristik membahayakan. Selain itu indikator dari barang tersebut juga tidak mudah mati atau busuk. Dikarenakan memiliki ciri seperti itu maka tidak membutuhkan penanganan yang khusus. Namun tetap saja ada persyaratan yang ditetapkan yakin pada aspek safety harus terpenuhi. Adapun contoh barang yang termasuk dalam kategori ini yaitu elektronik, pakaian dan peralatan rumah tangga.

Itulah pembahasan singkat tentang cara mendirikan bisnis cargo di Jakarta Timur. Perlu untuk diketahui bahwa salah satu faktor pendorong mengapa bisnis pengiriman barang ini di daerah tersebut makin berkembang pesat dikarenakan aktivitas jual beli secara online pada wilayah tersebut sangatlah tinggi. Tentunya fenomena ini bisa menjadikan peluang bisnis cargo sangatlah besar.