Pengertian, Fungsi dan Contoh Soal Mikrometer Sekrup

Alat ukur terdiri dari berbagai macam mulai dari jangka sorong, anemometer sampai mikrometer sekrup. Dan kali ini kita akan mengulas tentang pengertian fungsi , jenis hingga contoh soal mikrometer sekrup.

Dilansir dari Yuksinau.id, Mikrometer merupakan alat ukur yang fungsinya hampir sama dengan jangka sorong yaitu untuk mengukur panjang benda. Akan tetapi tingkat ketelitian dari dua alat tersebut yaitu mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi, yaitu 10 kali lebih teliti.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Diatas sudah dijelaskan singkat mengenai pengertian dari mikrometer. Jadi bisa disimpulkan bahwa mikrometer yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengukur benda dengan ketelitian hingga 0,01 mm.

Seringnya alat ukur ini digunakan untuk mengukur besaran panjang, ketebalan benda serta diameter luar benda. Karena tingkat ketelitian yang tinggi maka tak heran jika banyak yang menggunakan mikrometer sekrup dibandingkan dengan jangka sorong.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Fungsi dari mikrometer sekrup hampir sama dengan alat ukur jangka sorong. Alat ini bisa digunakan untuk menghitung panjang, tebal serta diameter sebuah benda kerja.

Fungsi mikrometer sekrup secara umum yaitu digunakan untuk mengukur diameter maupun ketebalan sebuah benda yang mempunyai ukuran kecil. Diatas sudah disebutkan bahwa tingkat kepresisiannya lebih dari 10 kali lipat dibanding dengan jangka sorong.

Tak heran jika mikrometer juga banyak dipakai untuk mengukur benda yang lebih kecil dengan ketelitian 0,01 mm.

Pemakaian mikrometer dalam pengukuran panjang benda memang masih kurang umum digunakan. Hal ini dikarenakan panjang benda masih bisa diukur dengan baik di tingkat kepresisian sekitar 1mm dan 0,1 mm. Dan tingkat kepresisian tersebut yang dimiliki oleh jangka sorong.

Macam-Macam Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup terdiri dari tiga macam berdasarkan pada pengaplikasiannya. Dibawah ini merupakan macam-macam mikrometer sekrup yang sering dijumpai :

  1. Mikrometer luar

Mikrometer ini sering dipakai untuk mengukur benda seperti kawat, lapisan-lapisan, blok-blok serta batang-batang.

  1. Mikrometer dalam

Ini merupakan salah satu jenis mikrometer yang sering digunakan untuk mengukur sebuah garis tengah atau diameter pada lubang suatu benda.

  1. Mikrometer Kedalaman

Ini merupakan jenis mikrometer yang digunakan untuk mengukur kedalaman dan ketinggian dalam sebuah benda.

Cara menggunakan Mikrometer Sekrup

  • Langkah pertama jepitkan benda yang akan kamu ukur di rahang mikrometer sekrup, tepatnya di antara anvil dan spindle
  • Setelah itu putar thimble dan rachet sampai objek bener-bener terjepit
  • Jika sudah, putar pengunci di lock nut sehingga pemutar dan objek tak bergerak lagi
  • Kemudian kamu bisa membaca hasilnya pada pengukuran skala utama dan skala nonius

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

  • Baca di skala utama yang terdapat di bagian atas garis horisontal (skala 1 mm)
  • Baca skala utama di bagian bawah garis horisontal (ditambah 0,5 mm atau 0,1 mm tergantung dari banyaknya garis bawah antara 2 garis atas)
  • Baca skala nonius ( skala 0,01 mm)

Contoh Soal Mikrometer Sekrup

Agar kamu lebih memahami tentang mikrometer sekrup, maka dibawah ini kami berikan contoh soal pengukuran mikrometer sekrup.

Apabila pada suatu pengukuran didapatkan gambar skala utama ataupun skala nonius dibawah ini, maka hitunglah berapa panjang dari benda yang akan diukur ?

Jawaban :

Skala utama = 4 mm

Skala nonius = 0,30 mm

Maka, jadi hasil dari pengukuran diatas diperoleh : Skala utama ditambah skala nonius = 4 +0,3 = 4,30 mm